LMFAO - Party Rock Anthem

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info

Selasa, 06 Januari 2015

materi analisis

A.           Gambaran Materi Buku PAI Kurikulum 2013 kelas VII-IX Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Dalam pembelajaran di sekolah banyak sumber yang digunakan agar materi yang disampaikan selalu update dan dengan kondisi terkini. Yang dimana apakah buku ini layak untuk di jadikan bahan ajar untuk siswa dan sebagai sarana pembelajaran dari berbagai tema pembelajaran yang khususnya pendidikan agama islam, maka dari itu akan mengulas isi buku dan materi yang terkait di dalamnya, yang dimana siswa bisa dapat mengerti isi buku tersebut, guru pun  kini memiliki buku pegangan dan materinya yang didalam buku guru hanya garis besarnya saja dan bank soal didalamnya.
Beberapa gambaran buku materi yang akan dibahas:
1.   Buku pendidikan agama islam  kelas VII sekolah menengah pertama diterbitkan oleh pusat kurikulum dan perbukuan balitbang, kemdikbud. Buku ini merupakan buku siswa yang di persiapkan pemerintah dalam rangka implementasi kurikulum 2013. Buku siswa ini di susun dan di telaah oleh berbagai pihak di bawah kordinasi kementerian pendidikan dan kebudayaan, dan di pergunakan dalam tahap awal penerapan kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup”yang senatiasa di perbaiki, diperbaharui, dan di mutakhirkan sesuai dengan dinamika kehidupan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai  kalangan diharapkan meningkatkan kualitas buku ini.
2.   Buku pendidikan agama islam kelas VIII sekolah menengah pertama yang sama diterbitkan oleh kemdikbud. Buku ini mulai di pakai di sekolah-sekolah umum dan buku ini pun tidak secara merata dibagikan kepada murid-murid karena hanya beberapa buku saja yang dibagikan dan itupun untuk mengimbangi buku-buku dari kurikulum lama (KTSP 2006).
3.   Buku pendidikan agama islam kelas IX sekolah menengah pertama diterbitkan oleh  pusat kurikulum dan perbukuan kementerian pendidikan nasional tahun 2011 masih memakai kurikulum lama(KTSP 2006), masih di pergunakan sampai sekarang walaupun telah ada kurikulum baru, namun bagaimana agar menarik minat baca siswa maka buku BSE (buku sekolah elektronik) di muat agar siswa tidak bosan melihat buku tersebut.

B.            Narasi analisa Materi Buku PAI Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP)
A.      Dalam buku pendidikan agama islam  kelas VII sekolah menengah pertama . Yang dimana buku ini telah di pelajari sebelumnya, maka dari itu menelaah dan menganalisa isi materi buku ini. Mempelajari 13 bab dan terbagi dalam dua semester. Semester pertama terbagi atas 7 bab yang membahas materi Lebih dekat dengan Allah swt. yang sangat indah nama-Nya(Iman kepada Allah, makna asmaul husna, hikmah beriman kepada Allah swt. hidup lebih tenang dengan kejujuran, amanah, dan istiqomah(mari berilaku kejujuran,amanah, dan istiqomah). Semua bersih hidup lebih nyaman(tentang thaharah,bagaimana thaharah). Indahnya kebersamaan dengan berjama’ah(ayo shalat berjama’ah, tata cara shalat berjama’ah, pembiasaan shalat berjama’ah), Selamat Datang wahai Nabiku Kekasih Allah swt(kehadiran Sang Kekasih, Nabi Muhammad saw. Diangkat Menjadi Rasul, Dakwah nabi muhammad saw.  di Madinah). Dengan ilmu semua menjadi lebih mudah(membaca dan mengartikan Q.S.ar-rahman/55:33,Q.S.al-mujadalah/58:11, menerapkan hukum bacaan panjang/mad, memahami kandungan Q.S.ar-rahman/55:33,Q.S.al-mujadalah/58:11 dan hadits terkait, perilaku oranh yang cinta ilimu pengetahuan). Ingin meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah swt(siapakah malaikat itu?, Nama dan tugas malaikat, perilaku beriman kepada malaikat Allah swt). Semester kedua terbagi atas 6 bab yang dimana membahas Berempati itu mudah, menghormati itu indah(mari berempati, menghormati orang tua dan guru). Memupuk rasa persatuan rasa persatuan pada hari yang kita tunggu(apa shalat jum’at itu?, ketentuan shalat jum’at,Aku ingin bisa shalat jum’at). Islam memberikan kemudahan melalui shalat jama’ dan Qhasar(aku ingin tahu shalat jama’, shalat Qasar,aku bisa shalat jama’Qasar). Hijrah ke Madinah sebua kisah yang membanggakan(sebab-sebab Rasulullah hijrah, berita gembira dari kota Yasrib, perjalanan hijrah Rasulullah saw., Dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah). Al-Khulafau Ar-Rasyidun(Abu Bakar As-siddiq Bijaksana dan Tegas, Umar bin Khattab(tegas dan pemberani),Usman bin Affan(Baik Hati dan Dermawan),Ali bin Abi Thalib(Cerdas dan Sabar). Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf (mari belajar, membaca,memahami Al-Qur’an,Q.S.an-nisa/4:146,Q.S.Al-Baqarah/2:153, Q.S.Ali-imran/3:134, serta kandungan dan hadits terkait, perilaku ikhlas, sabar, pemaaf dalam kehidupan sehari-hari. Materi tiap bab hanyalah secara garis besarnya saja, mengasah kemampuan keingintahuan siswa isi dari buku yang dimana tidak hanya terus terpaku pada satu sumber tapi mencari tahu jawaban dari bank soal dari tiap bab.
Analisa gender pada buku kelas VII ini sesuai dengan tiap bab pada materi yang dilampirkan dan menjadi materi yang di bahas dalam buku tiap babnya mengajak siswa untuk merenung dan mengamati gambar yang di sampaikan dan memberikan tanggapan pada gambar tersebut, dari tiap materi dalam di berikan gambar agar siswa lebih paham.
B.       Buku pendidikan agama islam kelas VIII sekolah menengah pertama yang dimana materinya hampir sama dengan kelas VII tapi dalam buku sedikit penambahan saja dan hanya secara garis besar dari peta konsep sama dengan buku PAI kelas VII pada semester pertama ada lima bab dan memaparkan peta konsep tiap bab sebagai berikut: Meyakini kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’an(kitab taurat, kitab zabur, kitab injil(diketahui sejarahnya dan diyakini keberadaannya,sikap mulia(toleransi dan menghargai pemeluk agama lain), kitab Al-Qur’an(diketahui sejarahnya dan diyakini keberadaannya,dibaca, dipahami, dipedomani isinya,sikap mulia(mencintai Al-Qur’an, Rajin beribadah, Rajin beramal sholeh, Menjauhi maksiat. Lebih dekat dengan Allah dengan mengamalkan shalat sunnah(shalat sunnah berjama’ah,shalat sunnah munfarid, shalat sunnah jama’ah/munfarid, macam dan ketentuannya serta tata cara dan praktiknya, dilaksanakan dan dibiasakan, sikap mulia(Terbiasa hidup disiplin, Menghargai orang lain, Mengutamakan kebersamaan, Lebih bertanggung jawab dan Berpendirian kuat, Memiliki tekad dan Semangat yang kuat). Jiwa lebih tenang dengan banyak melakukan Sujud(Sujud Syahwi, Sujud Tilawah, Sujud Syukur, ketentuan dan dalil naqlinya, tata cara dan praktiknya, dilaksanakan dan dibiasakan,sikap mulia(Semakin dekat dengan Allah swt., Meningkatkan rasa syukur kepada Allah swt., Menjauhkan diri dari perilaku sombong, Menumbuhkan perasaan tenang dan percaya diri). Ibadah puasa membentuk pribadi yang bertakwa(ketentuan ibadah puasa, ibadah puasa terbagi atas dua wajib dan sunnah, wajib(puasa ramadhan, puasa Qada, puasa nazar, puasa kifarat), sunnah(puasa syawal, puasa Arafah, puasa senin kamis), Membentuk pribadi yang bertakwa(Sikap Mulia, Berperilaku Jujur, Sabar dan Mengendalikan diri, Peduli pada masyarakat sekitar, Taat kepada hukum dan peraturan, Melatih tanggung jawab). Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Umayyah(Daulah Umayyah di Damaskus, Daulah Umayyah di Andalusia, Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Pertumbuhan Kebudayaan, hikmha yang dapat di petik dari sejarah pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Pada Masa Umayyah(sikap mulia, Meningkatkan rasa cinta terhadap ilmu pengetahuan, Semakin meningkatkan membaca dan menuntut ilmu, percaya dan pantang menyerah, tekun dan belajar).semester kedua terbagi atas 6 bab sebagai berikut: Rendah hati, hemat dan sederhana membuat hidup lebih mulia(kajian rendah hati, hemat dan sederhana dalam Al-Qur’an, membaca ayat Al-Qur’an tentang rendah hati, hemat dan sederhana,mengartikan tiap kata(mufradat)ayat Al-Qur’an rendah hati, hemat dan sederhana, memahami kandungan ayat, memahami bacaan “Al”dan menerapkannya, menghapalkan ayat tentang rendah hati, hemat dan sederhana, menerjemahkan, menagamalkan dan membiasakan akhlak mulia rendah hati, hemat dan sederhana, sikap mulia(mencintai Al-Qur’an, menjadi anak yang rendah hati dan santun, menjauhi sikap sombong atau takabbur, berlaku hidup sederhana). Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran para Rasul Allah swt.(Iman Kepada Rasul, Pengertian Iman kepada Rasul, Sifat-sifat Rasul, Kiasah perjuangan 25 Rasul, Tugas para Rasul, Kemuliaan 5 Rasul Ulul Azmi, Kisah umat terdahulu yang dusta dan durhaka, Hikmah beriman dan mempelajari kisah para Rasul), sikap mulia(Menjunjung tinggih kejujuran dan amanah, Menjauhi sifat dusta, durhaka, dan ingkar, Memiliki sifat tidak mudah menyerah, Sabar dan tabah, Memiliki jiwa pemimpin). Mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi yang haram(ketentuan halal atau haramnya makanan dan minuman,Halal dan haram(3 hal mutlak ini harus di penuhi: 1. Wujudnya/jenisnya halal/haram, 2. Cara mendapatkan halal/haram, 3. Proses mengolahnya hala/haram), bermanfaat atau berdampak halal/haram untuk tubuh, jiwa dan akal, sikap mulia(membiasakan diri mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan menjauhi makanan dan minuman yang haram). Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada masa Abbasiyah(Pemerintahan Bani Abbasiyah, Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Perkembangan Kebudayaan, hikmah yang dapat di petik dari pertumbuhan pengetahuan pada masa Abbasiyah, sikap mulia(Meningkatkan rasa cinta terhadap ilmu pengetahuan, Semakin rajin membaca menuntut ilmu, Percaya diri dan pantang menyerah, Tekun dan belajar). Hidup sehat dengan makanan dan minuman yang halal serta bergizi(kajian makanan minuman yang halal serta bergizi dalam Al-Qur’an, membaca, mengartikan tiap kata dan menerjemahkan, menghafalkan memahami ayat Al-Qur’an tentang makanan dan minuman yang halal serta bergizi dan mengamalkan, sikap mulia(Mencintai Al-Qur’an, Menjadi anak yang pandai mengendalikan diri, Menjauhi sikap ceroboh, menerapkan pola hidup sehat). Menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran(kajian menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran, membaca, mengartikan perkata (mufradat), memahami hukam bacaan qalqalah, menerjemahkan, memahami kandungan dan mengamalkan dan membiasakan berakhlak mulia, sikap mulia(mencintai Al-Qur’an, senang menciptakan suasana damai, menjauhi minuman keras dan narkoba, menjauhi segala bentuk perjudian, menjauhi bullying, kekerasa, dan pertengkaran.
Analisa gender pada buku kelas VIII ini sesuai dengan tiap bab pada materi yang dilampirkan dan menjadi materi yang di bahas dalam buku tiap babnya mengajak siswa untuk merenung dan mengamati gambar yang di sampaikan dan memberikan tanggapan pada gambar tersebut, dari tiap materi dalam di berikan gambar agar siswa lebih paham.
C.       Buku terakhir yang akan kita telaah adalah buku kelas IX yang dimana materinya pun hampir  sama dengan diatas juga namun masih memakai kurikulum lama, dalam bab ini memiliki tiga belas bab yang terbagi dua semester berikut materinya: Surah at-Tin(95), yang akan dipelajari(membaca dan bacaan tajwid surah at-Tin(95), mengartikan surah at-Tin(95), kandungan surah at-Tin(95), meliputi kosa kata dan terjemahan). Hadits tentang menuntut ilmu, Membaca dan mengartikan hadits tentang menuntut ilmu(Menuntut ilmu hukumnya wajib, Kemudahan mendapat jalan ke surga, Amal penuntut ilmu tidak putus, Perlunya memperdalam ilmu agama islam, Rahmat Allah Swt. bagi penuntut ilmu, Penuntut ilmu termasuk fi sabilillah, Menuntut ilmu harus ikhlas). Menuntut ilmu dan hikmahnya(Penuntut ilmu dan keseharian, Hikmah menuntut ilmu). Iman kepada hari akhir, Pengertian hari akhir, Tanda-tanda hari kiamat, proses terjadinya kiamat sugra dan kimat kubra(Macam-macam kiamat, Peristiwa sesudah hari akhir). Qanaah dan Tasamuh(Pengertian dan contoh Qanaah dan Tasamuh, Pentingnya Qanaah dan Tasamuh dalam kehidupan, Berperilaku Qanaah dan Tasamuh dalam kehidupan). Penyembelihan Akikah dan Kurban, Penyembelihan hewan(Pengertian penyembelihan, Tata cara penyembelihan, Hikmah penyembelihan), Penyembelihan akikah.(Pengertian akikah. Ketentuan akikah. Hikmah akikah.), Penyembelihan kurban(Pengetian kurban. Hukum kurban. Ketentuan kurban. Hikmah kurban). Ibadah haji dan Umrah, Ketentuan ibadah haji dan umrah(Pengertian haji dan umrah, Rukun haji dan umrah. Syarat haji. Wajib haji. Sunah haji. Larangan haji.), Praktik haji dan umrah.(Pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Praktik manasik haji dan umrah). Masuknya Islam di Nusantara, Teori dan jalur masuknya Islam di Nusantara.(Tiga teori Masuknya Islam di Nusantara. Jalur-jalur Masuknya Islam di Nusantara). Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia(Kerajaan di Sumatra. Kerajaan di Jawa. Kerajaan di Sulawesi. Kerajaan di luar Sumatra, Jawa, dan Sulawesi). Memahami Al-Qur’an Surah Asy-Syarh(94), Bacaan Surah Asy-Syarh(94).(Membaca Surah Asy-Syarh(94). Hukum tajwid Surah Asy-Syarh(94). Terjemah ayat Surah Asy-Syarh(94).(Arti Kosa-kata. Terjemah utuh ayatnya). Kandungan Surah Asy-Syarh(94).(Pesan umum Surah Asy-Syarh(94). Anjuran bertawakkal dalam Surah Asy-Syarh(94). Hadits tentang Kebersihan, Membaca dan mengartikan hadits tentang kebersihan(Orang yang menjaga kebersihan di cintai Allah. Kebersihan sebagian iman. Kebersihan dapat mengantarkan seseorang ke surga). Berperilaku bersih dalam hidup sehari-hari(Kebersihan sebagai syarat ibadah. Kebiasaan hidup bersih. Kebersihan makanan dan harta. Kebersihan lingkungan). Iman kepada Qada dan Qadar, Qada dan Qadar Allah Swt.(Pengertian kepada qada dan qadar Allah Swt. ciri-ciri iman kepada qada dan qadar Allah Swt). dalil nagli dan hubungan qada serta qadar. Macam-macam takdir dan contohnya.(Macam-macam takdir. Contoh takdir Allah Swt). Takabur, Mengenal sikap takabur(Pengertian, Ciri takabur, Contoh takabur, Pembagian takabur), Menjauhi takabur(Dampak takabur, Cara menjauhi takabur). Shalat-Shalat Sunnah, Pengertian shalat sunnah dan keutamaannya(Pengertian shalat sunnah, Tata cara shalat sunnah, keutamaan-keutamaan shalat sunnah), Ketentuan shalat sunnah secara berjama’ah(shalat ‘id, shalat istisqa, shalat gerhana), Ketentuan shalat sunnah secara munfarid(shalat tahajud, shalat istikharah). Sejarah tradisi Islam di Indonesia(Seni budaya Islam sebagai bagian tradisi Islam, Tradisi dan upacara adat di Nusantara).
Itu lah bebarapa materi pembahasan tiap kelas secara garis besar yang di paparkan agar para siswa dapat mengetahui, mengenal dan memahami isi buku dengan melihat peta konsep setiap awal bab, maka dari itu para siswa di harapkan mampu merenung dan mengamati tiap bab dan jenjang kelas yang mereka pelajari walaupun ada dan yang tidak ada dalam bab tersebut, para guru pun tetap memberikan bimbingan ke para siswa bagaimana materi-materi yang mereka pelajari dapat mereka pahami secara baik dan menjadi pembelajaran untuk mereka, gambar yang sesuai dengan materi tiap bab yang dibahas, dan gambar yang ada pada tiap bab menginginkan para siswa bisa memberikan yang baik pada apa yang mereka lihat di sekelilingnya.
Analisis gender pada buku kelas IX hampir sama dengan buku kelas VII dan kelas VIII yang kurikulum 2013 yang dimana tak ada diskrimanasi dan gambar-gambar dalam materi sesuai tiap bab isi materi di pelajari para siswa.  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar